<--

Pendahuluan : Pepatah bilang “Anjing saya tidak menggigitmu, anjing saya tidak menggigit, saya tidak mempunyai seekor anjing.” Pelajaran kita minggu ini seolah menyerukan bahwa “ Kedatangan Yesus Kedua Kali diperlambat sebab kita tidak siap. Kedatangan Yesus kedua kali diperlambat untuk membiarkan lebih banyak keselamatan. Tidak ada keterlambatan dalam kedatangan kedua kali.”

Mari kita ambil dalam Alkitab dan lihat jika kita dapat memperoleh lebih dulu tentang “ keterlambatan “ dan kedatangan Yesus kedua kali adalah menyelesaikan sesuatu.

 

 

I . Keterlambatan : Kesalahan kita?

 

    A. Baca Ibrani 3:7-11. Ayat ini mengingatkan kita pada Keluaran umat Tuhan dari Mesir menuju Kanaan

       ( Tanah Perjanjian ). Mengapa umat Tuhan menderita sekaligus terlambat dan gagal untuk memasuki tanah

       perjanjian? ( Mereka memberontak melawan Tuhan dan Dia menolak untuk membiarkan mereka masuk ).

  

   B. Baca Ibrani 4:1-2 . Apakah dengan pelajaran itu kita harus belajar dari pengalaman Keluaran? ( Tidak

      melakukan kesalahan yang sama yaitu memberontak melawan Tuhan? Kita perlu menyatakan ajaran

      kebenaran dengan Iman ).

 

   C. Pelajaran kita ( hari Rabu ) menggambarkan suatu persamaan antara kegagalan umat Tuhan memasuki

      tanah perjanjian dengan kegagalan kita  memasuki Surga sebelum ini. Apakah anda sependapat bahwa

      kedatangan Yesus kedua kali diperlambat karena ketidaksetiaan kita?

             

                 1. Bagaimana mengenai ketidaksetiaan pada orang lain?

 

                 2. Bagaimana konsep ketidaksetiaan ini memperlambat kedatangan kedua sesuai dengan

                    perumpamaan 10 gadis-gadis yang telah kita pelajari minggu lalu?

                   

                           a).Apakah Mempelai laki-laki terlambat karena gadis-gadis tertidur?

                          

                           b).Apakah Mempelai laki-laki terlambat karena kapasitas minyak yang dibawa oleh gadis-

                               gadis tersebut?

              

    3. Baca Ibrani 4:3. Apakah masuk dalam surga ‘perhentian’ yang sama dengan masuk dalam tanah perjanjian? (Tidak. Ini berbicara tentang “istirahat” yang didapat dari keselamatan) Menerima kebenaran di dalam Iman membuahkan  ‘perhentian’ keselamatan.

 

D. Baca Ibrani 4:8-11 Apa “perhentian Sabat?” Apakah berbeda dengan perhentian kita berdiskusi?

 

1.      Apa “ perhentian Sabat” kita lihat terhadap yang  salah satu kesamaan “perhentian” yang diberikan oleh Yosua? ( Meskipun saya seringkali membandingkan Keluaran dari Mesir dengan perjalanan Kristen menuju surga,  dasar Alkitab untuk membuktikan kesamaan di antara keterlambatan Kedatangan Yesus Kedua Kali dengan  keterlambatan masuk tanah perjanjian tidak kuat. Kelihatannya bukti terkuat ketika berdasar di atas ayat yang sedang kita baca.  Satu pemberian  perhentian yang diberikan adalah memasuki tanah perjanjian. Sebab kita bisa diselamatkan  (ayat 9)’ perhentian” tersebut  bisa, secara logika, ada hubungan dengan surga. Kalau tidak, ‘istirahat’ apa akan ditinggalkan untuk orang  yang benar? Setelah mengatakan itu, ayat ini masih tidak bilang bahwa kemasukan kita  di dalam “istirahat sabat” adalah diperlambatkan oleh dosa-dosa orang lain.

 

  1. Keterlambatan : untuk manfaat kita?

 

    1. Baca Petrus : 3: 3-4 . Apakah orang ini mengeluh tentang keterlambatan Kedatangan Yesus? ( Tidak. Mereka mengatakan keterlambatan arti  bahwa kedatangan kedua kali tidak akan dating.)

 

    1. Baca 2 Petrus 3:8-9 Alasan apa  Petrus memberi untuk  keterlambatan? ( Petrus  memberi dua alasan. Pertama, dia mengatakan bahwa Tuhan memakai jam yang berbeda. Kedua, dia bilang Tuhan menunggu semua orang bertobat)

 

Kalau anda menunggu semua orang bertobat, berapa lama anda akan menunggu secara logika? (kelihatannya  kira-kira tujuh puluh tahun adalah penungguan yang paling lama – sebab kalau lebih lama semua yang hidup pada zaman itu akan mati)

 

a)     Apakah anda gembira  Kedatangan Yesus Kedua Kali tidak terjadi sebelum anda dilahir?

 

2.  Baca 2 Petrus 3:15 Apakah anda pikir   arti ini? Bagaimana kesabaran = keselamatan?

                 

                   a) Apakah ini bilang yang sama di dalam 2 Petrus 3: 9?

 

1. Kalau begitu, apakah pikiran ini membenarkan hanya    tujuh puluh tahun penungguan?

 

C. Mari kita meminggirkan  ide tentang Tuhan memakai  jam yang berbeda dari kita. Dua ide yang lain yang kita membahas adalah apakah dosa kita memperterlambatkan Kedatangan Yesus Kedua Kali dan apakah Yesus memperterlambatkan Kedatangan Dia  supaya lebih orang bisa diselamatakan. Apakah  dua ide ini serupa? Apakah mereka sama?

 

1.      Jika Tuhan menunggu oleh sebab  dosa kita, apakah itu mengira bahwa penungguan itu akan membuat perbedaan?

 

2.      Apakah penungguan di dalam Keluaran membuat sebuah perbedaan untuk Mereka yang tidak tunduk Tuhan? (Tidak. Tidak salah satunya yang masuk tanah perjanjian.  Mereka semua mati. Meninggal dunia di dalam padang pasir adalah hukuman pada orang jahat. Tidak keterlambatan yang dimaksudkan orang  bertobat. Oleh karena itu, kalau Keluaran adalah persamaan yang benar , Saya tidak merasa kedua  penjelasan ini adalah sama.)

 

3.      Mengapa anda pikir Yesus tunggu begitu lama untuk datang kali pertama? (Mungkin ada berkatian dengan keadaan di dalam dunia pada waktu itu yang membuat kesebaran ide baru lebih gampang.)

 

4.      Apakah kemudahan komunikasi modern mempunyai berkaitan dengan keterlambatan kedatangan Yesus yang kedua. (Mungkin ini menerangi ide  yang mengatakan keterlambatan bisa menolong menyelamatkan lebih orang. Sebagai komunikasi dunia menjadi lebih tepatguna dan lebih mudah , persentasi lebih besar dari penduduk dunia bisa mendengar  kebenaran. Ini cocok dengan Matius 24:14)

 

ll                  Keterlambatan apa?

         

A. Baca 2 Petrus 3:8 sekali lagi supaya kita bisa membahas  hal “jam Tuhan”.  Apa pikirmu arti persamaan   ini tentang waktu: 1,000 = 1 hari;  1 hari = 1,000 tahun di dalam waktu Tuhan?

 

1.      Apakah  itu arti bahwa untuk Tuhan 1,000 merasa seperti setahun ?

 

2.      Apakah itu arti juga untuk Tuhan sebaliknya bahwa sehari merasa seperti seribu tahun?

 

3.      Kalau begitu, kemudian apakah Tuhan benar-benar terlambat di dalam keterlambatan?  (hanya satu tafsiran yang masuk akal adalah bahwa Tuhan adalah lewat waktu. Pelajaran kita  menuju kepada teori Einstien bahwa waktu adalah relatif. Dia juga mempunyai teori bahwa waktu adalah ditikung pada massa. Kalau waktu adalah ditikung seperti huruf C, ini membuka konsep Tuhan bisa gerak di antara waktu.  Dia bisa berada dimana-mana pada waktu apasaja.  Untuk seorang seperti itu tidak ada waktu, tidak ada  keterlambatan.)

 

 

B.  Baca Matius 24: 3 ,36 ,42. Siapa tahu waktu Kedatangan Kedua Kali?  ( Hanya Tuhan Bapa)

 

C.  Baca Markus 13: 32-37. Apa solusi terhadap fakta bahwa hanya Tuhan Bapa tahu waktu Kedatangan Kedua Kali. (siap-siaplah selalu)

 

D.  Kalau hanya Tuhan tahu waktu Kedatangan Kedua Kali, apakah kita tahu kalau ada keterlambatan?

 

1.      Bisakah sebuah keterlambatan kalau tidak ada waktu tepat yang dikeluarkan?

 

2.      Kalau tidak ada waktu tepat yang dikeluarkan,  apakah siapapun bilang dengan kepastian bahwa  waktu sudah diterlambatkan  oleh karena  dosa-dosa kita atau sebab kesabaran Tuhan?

 

  1. Setelah mempertimbangkan ayat-ayat Alkitab tersebut, bagaimana anda pilih?

 

a)     Kedatangan Yesus Kedua Kali telah diterlambatkan  oleh karena kita tidak siap?

 

b)     Kedatangan Yesus Kedua Kali telah diterlambatkan sebab Dia tunggu untuk menyelamatkan lebih orang.

 

c)     Kedatangan Yesus Kedua Kali tidak diterlambatkan.

 

( Ayat-ayat ini kelihatannya mengajar secara jelas bahwa tidak ada keterlambatan di dalam Kedatangan Yesus Kedua Kali.

Sekalipun ada keterlambatan kita tidak akan tahu.

 

  1. Baca Wahyu 14:6-7 Apakah pesan ini konsisten dengan ide kita tidak tahu waktu Kedatangan Kedua Kali?

 

1.      Bagaimana kita bisa menyampaikan pesan tentang “ sejam”  ketika kita tidak ada  sepenunjuk tentang waktu untuk Kedatangan Kedua Kali?

 

2.      Nampak  ayat 6 sekali lagi. Ayat tersebut mengatakan bahwa peringatan ini tentang  “Jam” adalah kebenaran “kekal”. Apakah ini sebuah pembantahan? (Kalau anda bilang  sesuatu akan terjadi “jam ini”, ini memberi urgensi kepada pesan tersebut. Tetapi, kalau pesan “jam ini” adalah pantas secara kekal, ini secara sederhana mengurangi pesan kepada ayat- ayat lebih awal yang kita baca. ( contohnya Markus 13:33-36) tentang lihat dan siaplah selalu.

 

G.  Teman, kalau anda mau pergi ke surga dengan Yesus pada Kedatangan Kedua Kali, Solusi yang

`